Memahami Keinginan Konsumen Solo

Memahami Keinginan Konsumen Solo

Clipboard02Setelah memahami konsep Service Excellence Index dari MarkPlus, Inc., yang terdiri dari lima bobot dimensi: Clarity of Communication, Favorability of brand, Accessibility of Channel, Suitability of offering, dan Quality of Service; kita pasti ingin tahu apakah kelima hal tersebut memang harus dipenuhi semua industri? Bagaimana kalau ternyata salah satu perusahaan tidak bisa memenuhi kelima hal tersebut?

Dari hasil survei yang dilakukan MarkPlus Insight, dapat terlihat dimensi apakah yang memiliki urutan prioritas lebih tinggi dibandingkan dimensi lainnya. Bagi konsumen Solo, dimensi yang paling penting bagi mereka hampir sama untuk setiap industri, kecuali operator seluler dan dealer motor.

Bagi mayoritas industri seperti bank, rumah sakit, dealer mobil, leasing motor dan taksi, dimensi yang terpenting adalah accessibility of channel. Hal ini berarti bahwa kejelasan informasi dianggap sangat penting oleh konsumen di Solo. Konsumen di Solo menganggap bahwa untuk hampir seluruh produk dan jasa, informasi yang kaya menjadi penentu apakah sebuah merek disukai atau tidak. Accessibility of channel seperti yang sudah kita ketahui juga didefinisikan sebagai mana mudahnya seorang konsumen dapat mendapatkan informasi mengenai merek tersebut.

Ada banyak akses yang dapat digunakan konsumen untuk mengetahui informasi tentang merek. Media tertulis seperti brosur, atau media online seperti internet, termasuk website juga dirasa penting untuk konsumen. Bagi kelompok konsumen yang mungkin memiliki rasa ask atau ‘penasaran’ yang besar, accessibility of channel sangatlah penting. Dapat dikatakan juga bahwa awareness sangat penting bagi konsumen di Solo.

Akan tetapi, bukan berarti bahwa dimensi yang lain juga dilupakan, karena memang perbedaan tingkat kepentingannya tidak terlalu besar. Selain itu, untuk industri operator dan dealer motor, untuk dua industri ini justru para konsumen merasa bahwa favorability of brand adalah yang paling penting bagi mereka. Untuk kedua industri ini, image atau citra perusahaan sangat penting. Ketika sebuah merk sudah dipersepsikan sebagai merek yang ‘bagus’ maka konsumen tidak ragu untuk membeli merek tersebut.

Dengan memahami hal ini, diharapkan perusahaan di Solo dapat berlomba-lomba untuk memberikan pelayanan terbaik untuk konsumennya.

Jika anda penasaran dengan informasi lain tentang konsumen di Solo, Ikuti bahasan selanjutnya dengan MarkPlus Insight, atau kunjungi langsung website kami di www.MarkPlusInsight.com atau www.WOW-SEA.com.

 

No Comments

Post A Comment